Tips Merawat Rambut Agar Tidak Rontok untuk Muslimah Berhijab

Kesehatan rambut tentunya sangat penting untuk diperhatikan, karena menunjang kenyamanan dalam beraktivitas. Untuk menjaga kesehatan rambut, diperlukan perawatan yang tepat. Perawatan rambut bagi kaum hawa merupakan hal yang diutamakan, termasuk bagi wanita muslimah berhijab. Meskipun rambut mereka tidak terlihat, namun perawatan rambut justru sangat diperlukan bagi wanita berhijab. Mengapa demikian? Wanita berjilbab membutuhkan perawatan rambut yang berbeda. Rambut lepek akibat keringat berlebih selama mengenakan jilbab, lama kelamaan dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, perawatan rambut agar tidak rontok sangat diperlukan oleh muslimah berhijab.

Tips Merawat Rambut Agar Tidak Rontok untuk Muslimah BerhijabLangkah Cerdas Perawatan Rambut Muslimah Berhijab Agar Sehat dan Kuat

Rambut rontok adalah permasalahan serius yang harus segera ditangani. Apabila tidak, akan semakin banyak rambut yang rontok. Sebelum penanganan, alangkah baiknya mengenali terlebih dahulu faktor penyebab rambut menjadi rapuh dan mengalami kerontokan. Keringat berlebih karena kepala tertutup jilbab, dapat terakumulasi dan menyebabkan rambut lepek serta berminyak. Selain itu, sirkulasi udara pada kulit kepala menjadi kurang lancar dan berakibat pada keadaan rambut yang jenuh dan terlalu lembab. Keadaan yang demikian dapat memicu kerontokan rambut. Dengan demikian, diperlukan perawatan rambut yang tepat bagi muslimah berhijab, agar rambut tetap sehat dan kuat.

1. Menghindari Memakai Jilbab Saat Rambut Basah
Memakai jilbab saat rambut masih basah setelah keramas, akan menyebabkan rambut lepek dan sirkulasi udara tidak lancar. Dengan demikian, rambut menjadi tidak sehat dan akhirnya mengalami kerontokan. Solusinya adalah menghindari mengenakan jilbab saat rambut basah. Anda dapat menyeka rambut dengan handuk hingga kering ataupun mengeringkannya menggunakan hair dryer pada suhu rendah agar tidak merusak sel rambut.

2. Menghindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Bagi wanita berhijab, saat akan mengenakan jilbab pasti merapikan rambutnya agar nyaman. Untuk yang berambut panjang, tentu akan mengikatnya. Alangkah baiknya, Anda tidak mengikat rambut terlalu kuat. Ikatan rambut yang sangat kencang, akan menjadikan rambut tertarik dan rontok. Selain itu, mengikat terlalu kencang dapat menjadikan rambut kurang sehat.

3. Keramas Secara Teratur
Selama memakai hijab, sirkulasi udara pada kulit kepala menjadi terbatas. Dengan demikian, rambut menjadi cepat lepek dan berminyak. Akumulasi minyak berlebih, lama kelamaan berdampak pada rontoknya rambut. Keramas secara teratur dapat mencegah rontoknya rambut karena nutrisi pada sampo dapat menyehatkan dan memperkuat sel-sel rambut.

4. Menggunakan Perawatan Lidah Buaya
Perawatan secara alami juga diperlukan untuk memberikan hasil lebih optimal. cara alami juga tergolong aman dan baik untuk kesehatan tubuh. Lidah buaya dapat digunakan sebagai masker rambut dan berkhasiat untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut dan kulit kepala, sehingga rambut tumbuh sehat dan kuat. Selain itu, rambut juga menjadi hitam berkilau.

Tips Merawat Rambut Agar Tidak Rontok untuk Muslimah Berhijab5. Konsumsi Makanan Bernutrisi
Selanjutnya adalah perawatan internal, yaitu dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Dengan cara ini, maka nutrisi untuk kesehatan rambut dapat terpenuhi. Dalam hal ini, Anda dapat mengonsumsi secara rutin makanan mengandung vitamin B-6, vitamin B-12, kemudian vitamin C, vitamin E, dan protein. Sayuran hijau, kacang-kacangan, keju, serta buah-buahan adalah beberapa contoh makanan yang mengandung beberapa zat yang baik untuk memperkuat rambut.

Rambut rontok dapat dicegah atau diatasi dengan perawatan yang efektif dan perlakuan yang baik. Pemenuhan nutrisi bagi rambut juga dapat mencegah rapuhnya rambut. Beberapa langkah cerdas perawatan rambut untuk muslimah berhijab tersebut alangkah baiknya dilakukan secara rutin, agar rambut benar-benar terhindar dari kerontokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *